PETUNJUK PENGGUNAAN

 

 

iBenteng

Overview.. 6

Software Requirement 6

Spesifikasi Minimal Untuk Smartphone Android. 6

FEATURE.. 6

LOGIN.. 14

LAMAN UTAMA.. 14

EPUSTAKA.. 36

RAK BUKU.. 36

USER PROFILE.. 50

NOTIFIKASI 64

PENCARIAN (SEARCH) 65

 

Overview

iBenteng adalah sebuah platform yang dapat berisikan layanan Layanan Perpustakaan Digital. iBenteng dilengkapi dengan e-reader untuk membaca beragam koleksi e-book melalui perangkat mobile berbasis android (smartphone-based application).

Kebutuhan Sistem

iBenteng membutuhkan spesifikasi perangkat minimal, yaitu:

1.    Perangkat lunak android minimum versi 5.0.

2.    1 GB of RAM

3.    4-inch display size

FITUR

LOGIN

Pengguna aplikasi iBenteng dapat melakukan login dengan memasukkan user dan password yang telah terdaftar. Selanjutnya klik tombol "Masuk".

LAMAN UTAMA

Laman utama aplikasi iBenteng, Laman utama terdiri dari banner berisikan visual post atau iklan, jenis koleksi kumpulan buku bacaan selanjutnya dibawah adalah card koleksi berdasarkan kategori dan dibagian paling bawah adalah menu utama. Menu utama dapat digunakan pengguna untuk melihat aktivitas, layanan Layanan Perpustakaan Digital, layanan iBenteng, koleksi buku, detail buku, peminjaman buku, list epustaka, melihat banner, pencarian, melihat notifikasi, mengakses halaman lainnya, seperti lini masa dan profil pengguna.

 

 

Timeline

Halaman ini pengguna dapat melihat informasi yang disampaikan oleh admin. Pengguna juga dapat melihat aktifitas para pengguna, mulai dari peminjaman buku, mengulas buku, merekomendasikan buku, melihat detail aktifitas, menyukai postingan, dan memberikan komentar.

 

 

EPUSTAKA

Pengguna dapat melihat list epustaka pada halaman utama. Pada detail epustaka, pengguna dapat melihat list dari buku-buku pada epustaka..

Pengguna dapat gabung ke epustaka yang diinginkan untuk mengakses buku pada epustaka. Untuk epustaka private terdapat admin epustaka yang dapat menambahkan anggota..

RAK BUKU

Laman rak buku terdiri dari:

-       Rak Pinjaman, yaitu kumpulan konten koleksi digital yang sedang Anda akses atau pinjam. Pengguna juga dapat mengembalikan buku yang dipinjam. Rak pinjaman menampilkan Rak Pinjaman Buku.

-       Rak Ulasan untuk memberikan ulasan, komentar, rating, menyukai atau tidak menyukai koleksi yang sedang dipinjam

-       Rak Antrian, yaitu koleksi yang ditunggu / dalam antrian

-       Rak Riwayat, yaitu kumpulan riwayat koleksi yang pernah dipinjam.

Pada laman rak pinjaman ini setiap koleksi yang dipilih langsung akan di arahkan ke reader atau player masing-masing konten.

 

USER PROFILE

Laman user profile berisikan identitas Anda, media penyimpanan catatan personal, rak pinjam, riwayat pinjaman, atrian, melihat list pertemanan, bantuan penggunaan aplikasi dan pertanyaan umum, pengaturan profile, dan kebijakan layanan. Pada laman ini juga dapat diketahui aktivitas Anda ataupun untuk mengetahui aktivitas pengguna lain. Terdapat juga tombol untuk keluar dari akun dan aplikasi iBenteng

NOTIFIKASI

Laman notifikasi atau pemberitahuan aktifitas bagi pengguna dari hasil interaksi pengguna dengan sistem dan pengguna yang lain, akses laman pemberitahuan mulai dari interaksi sesama pengguna seperti menyukai mengomentari & membagikan aktifitas pengguna disaat memberikan ulasan, menambahkan juga merekomendasikan buku dan terdapat juga pemberitahuan dari sistem.

PENCARIAN (SEARCH)

Anda dapat melakukan pencarian dimana terdapat fasilitas auto complete typing dan di bagian akhir adalah kondisi dimana tidak terdapat hasil pencarian yang dituju. Selain mencari buku, pengguna juga dapat melakukan pencarian pengguna lain.

Ada masukan untuk kami?

atau hubungi kami!


Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkulu Tengah
Jl. Bengkulu Kepahiang, Kec. Karang Tinggi
Kabupaten Bengkulu
Telepon: -
Email: [email protected]
Web: https://bengkulutengahkab.go.id/profile/


Keep in touch with us..